Cara tracking email di outlook

Mengapa kita perlu tracking email?

Pertama, tracking email dapat membantu Anda mengetahui apakah email yang Anda kirim telah dibaca oleh penerima atau tidak. Ini dapat memberikan Anda umpan balik tentang apakah pesan yang Anda kirim telah disampaikan dengan tepat atau tidak.

Kedua, tracking email dapat membantu Anda mengetahui berapa lama email tersebut dibaca oleh penerima, yang dapat memberikan Anda informasi tentang seberapa penting email tersebut dianggap oleh penerima.

Ketiga, tracking email dapat membantu Anda mengetahui apakah penerima telah mengambil tindakan sesuai dengan pesan yang Anda kirim. Ini dapat membantu Anda mengevaluasi efektivitas komunikasi yang Anda lakukan melalui email.

Keempat, tracking email juga dapat membantu Anda mengetahui apakah email Anda telah diteruskan ke orang lain atau tidak, yang dapat memberikan Anda informasi tentang bagaimana pesan Anda disampaikan kepada orang lain.

Cara melacak email di outlook

Untuk melacak email di Outlook, Anda dapat menggunakan fitur “Lacak Email” yang tersedia di aplikasi tersebut. Untuk menggunakannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Outlook pada komputer Anda.
  2. Buat atau buka email yang ingin Anda lacak.
  3. Klik tombol “Lacak Email” yang ada di bagian atas email. Tombol ini biasanya terletak di sebelah kanan tombol “Kirim”.
  4. Di jendela yang muncul, pastikan opsi “Lacak Pembacaan Email” sudah tercentang. Anda juga dapat mencentang opsi lainnya jika diperlukan.
  5. Klik tombol “Lacak Email” untuk mengonfirmasi pengaturan tersebut.
  6. Kirim email Anda seperti biasa.

Setelah email Anda dikirim, Anda akan menerima notifikasi jika ada orang yang membuka email Anda. Anda juga dapat melihat status pembacaan email Anda di bagian “Lacak Email” yang ada di menu “Aksi” di Outlook. Selain itu, Anda juga dapat melihat rincian pembacaan email Anda di folder “Lacak Email” yang terletak di bawah folder “Sent Items” di Outlook.

Harap dicatat ya bahwa fitur “Lacak Email” hanya tersedia pada versi Outlook yang terinstal pada komputer, dan tidak tersedia pada versi web atau aplikasi mobile dari Outlook.

Selain itu, fitur ini hanya dapat digunakan jika Anda memiliki akses ke server Exchange yang terhubung dengan akun Outlook Anda. Jika Anda tidak memiliki akses ke server Exchange, Anda mungkin tidak dapat menggunakan fitur ini.

Leave a Comment

%d bloggers like this: