Cara menghilangkan blok editor di wordpress

Apa itu blok editor di wordpress?

Blok editor adalah sebuah fitur baru yang ditambahkan ke WordPress pada versi 5.0. Fitur ini mengubah cara penulisan dan penyuntingan konten di WordPress menjadi lebih visual dan intuitif.

Blok editor memungkinkan Anda untuk menambahkan berbagai macam elemen konten, seperti teks, gambar, galeri, dan lainnya, ke dalam postingan atau halaman WordPress dengan mudah. Selain itu, blok editor juga menyediakan berbagai macam opsi format untuk setiap blok konten, sehingga Anda dapat dengan mudah mengatur tampilan konten di situs WordPress Anda.

Mengapa blok editor harus dihilangkan

Saya tidak tahu mengapa seseorang ingin menghilangkan blok editor dari WordPress. Namun, fitur blok editor merupakan fitur baru yang ditambahkan ke WordPress dengan tujuan untuk membuat proses penulisan dan penyuntingan konten di WordPress menjadi lebih visual dan intuitif.

Jadi, menghilangkan fitur ini mungkin akan mengurangi kemudahan dalam mengelola konten di WordPress. Namun, jika Anda merasa tidak nyaman menggunakan blok editor atau memiliki alasan lainnya untuk menghilangkannya, Anda dapat menonaktifkan fitur ini dari menu Pengaturan di halaman administrator WordPress.

Cara menghilangkan blok editor

Ini dia cara untuk menghilangkan blok editor di WordPress, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke dasbor WordPress Anda dan pilih “Tampilan” dari menu di sebelah kiri.
  2. Pilih “Editor” dari submenu yang muncul.
  3. Pada halaman Editor, cari file “functions.php” di daftar tema yang terpasang dan klik untuk membukanya.
  4. Tambahkan kode berikut di akhir file functions.php, sebelum penutup ?>:
// Menghilangkan blok editor di WordPress
add_filter('use_block_editor_for_post', '__return_false', 10);
  1. Simpan perubahan Anda dan kembali ke dasbor WordPress Anda.

Setelah menambahkan kode tersebut, blok editor akan dihilangkan dari halaman posting dan halaman halaman di WordPress Anda. Sebagai catatan, kode ini akan bekerja hanya untuk tema yang saat ini terpasang. Jika Anda mengganti tema, Anda mungkin perlu menambahkan kode tersebut kembali ke file functions.php tema baru.

Seperti biasa jika ada yang ingin di tanyakan silhkan komen di bawah yaa

Leave a Comment

%d bloggers like this: