Cara mendaftarkan website ke Google Search Console 

Apa itu Google Search Console?

Google Search Console adalah alat yang disediakan oleh Google yang memungkinkan Anda memantau dan mengelola performa situs web Anda di mesin pencari Google.

Ini memberikan informasi tentang bagaimana situs Anda tampil di hasil pencarian Google, termasuk apakah ada kesalahan yang ditemukan saat mengindeks situs Anda dan apakah ada masalah keamanan yang perlu diperhatikan.

Google Search Console juga menyediakan fitur yang memungkinkan Anda mengirimkan sitemap dan URL individu untuk diindeks oleh Google, membantu Google menemukan dan mengindeks konten baru pada situs Anda.

Cara daftar ke Google Search Console 

Untuk mendaftar di Google Search Console, pertama-tama Anda perlu memiliki akun Google. Jika Anda sudah memiliki akun Google, Anda bisa langsung menuju ke laman https://www.google.com/webmasters/tools/home dan klik tombol “Daftar Sekarang” di bagian atas halaman. Setelah itu, ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Jika Anda belum memiliki akun Google, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuatnya: 

  • Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang diminta, seperti nama Anda, alamat email, dan kata sandi. 
  • Klik tombol “Berikutnya” untuk melanjutkan. 
  • Ikuti langkah-langkah selanjutnya untuk menyelesaikan proses pendaftaran. 

Setelah Anda selesai mendaftar, Anda bisa kembali ke laman Google Search Console dan mulai menggunakannya untuk menganalisis dan memperbaiki SEO situs web Anda. 

Cara verifikasi domain untuk Google Search Console 

Untuk memverifikasi website di Google Search Console, Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut: 

  • Klik tombol “Add Property” di halaman tersebut untuk menambahkan website yang akan diverifikasi. 
  • Masukkan alamat URL website yang akan diverifikasi pada kolom yang disediakan. 
  • Pada menu “Verification Method”, pilih opsi “HTML Tag”. Ini adalah salah satu cara yang paling mudah untuk memverifikasi website di Google Search Console. 
  • Setelah itu, Google akan memberikan sebuah kode verifikasi yang harus Anda salin. 
  • Buka website yang akan diverifikasi, lalu buka editor template website dan masukkan kode verifikasi yang telah disalin pada bagian head (atau bagian header) website tersebut. 
  • Setelah menambahkan kode verifikasi ke website, kembali ke Google Search Console dan klik tombol “Verify”. 
  • Jika verifikasi berhasil, maka akan muncul notifikasi “Congratulations! You have successfully verified your site.” yang menandakan bahwa website Anda telah terverifikasi di Google Search Console. 

Selain menggunakan HTML tag, Anda juga dapat memverifikasi website di Google Search Console dengan menggunakan metode lain, seperti mengupload file HTML ke server website atau menambahkan DNS record pada panel kontrol hosting website. Pilihlah metode verifikasi yang paling mudah dan sesuai untuk Anda. 

Selamat mencoba

Leave a Comment

%d bloggers like this: