Cara daftar Google Analytic

Mengapa kita perlu mendaftarkan website kita ke Google Analytic?

Salah satu alasan mengapa perlu mendaftarkan website ke Google Analytics adalah agar Anda dapat mengetahui bagaimana orang-orang menemukan dan menggunakan website Anda. Google Analytics menyediakan berbagai informasi yang berguna, seperti jumlah pengunjung website, sumber traffic, dan halaman yang paling populer di website Anda. Dengan mengetahui informasi ini, Anda dapat mengevaluasi bagaimana website Anda berkinerja dan mengambil tindakan untuk meningkatkannya.

Untuk mendaftar Google Analytics, pertama-tama Anda perlu memiliki akun Google. Jika Anda belum memiliki akun Google, Anda dapat mendaftar di situs web resmi Google. Setelah memiliki akun Google, Anda dapat mendaftar untuk Google Analytics dengan mengikuti langkah-langkah berikut: 

  1. Buka situs web Google Analytics di https://analytics.google.com/analytics/web/
  2. Klik tombol “Daftar sekarang” di bagian atas halaman. 
  3. Pilih jenis akun yang ingin Anda daftarkan: “Untuk Saya Sendiri” atau “Untuk Organisasi”. 
  4. Masukkan informasi yang diperlukan, termasuk alamat email Anda, nama pengguna, dan password. Pastikan untuk membaca dan menyetujui persyaratan layanan Google Analytics. 
  5. Klik tombol “Daftar“. 
  6. Setelah mendaftar, Anda akan dibawa ke halaman pengaturan Google Analytics. Di sini, Anda dapat menambahkan situs web yang ingin Anda analisis, mengatur akses pengguna, dan melakukan pengaturan lainnya. 

Ingat bahwa Anda harus menambahkan kode pelacakan ke situs web Anda agar dapat mengumpulkan data dan melihat laporan di Google Analytics. Anda dapat menemukan kode pelacakan di halaman pengaturan Google Analytics, di bagian “Pengaturan Property” dan “Pengaturan Pengguna“. 

Cara memasang tracking code Google Analytic ke WordPress

Untuk memasang kode pelacakan Google Analytics ke WordPress, pertama-tama Anda perlu mendapatkan kode pelacakan Google Analytics dari akun Google Analytics Anda. Kemudian, Anda dapat menambahkannya ke situs WordPress Anda dengan beberapa cara:

  1. Menambahkannya ke tema WordPress Anda: Anda dapat menambahkan kode pelacakan ke file functions.php tema Anda atau menggunakan plugin seperti Insert Headers and Footers.
  2. Menggunakan plugin Google Analytics: Anda dapat menggunakan plugin seperti MonsterInsights yang memudahkan Anda untuk menambahkan kode pelacakan ke situs WordPress Anda.
  3. Menambahkannya secara manual: Anda dapat menambahkan kode pelacakan secara manual ke header.php file tema Anda atau menggunakan plugin seperti Header and Footer Scripts.

Jika Anda tidak yakin tentang cara memasang kode pelacakan, disarankan untuk menggunakan plugin atau bertanya kepada pengembang tema atau situs WordPress Anda untuk bantuan.

Bagaimana cara menemukan kode pelacakan di Google Analytic

Untuk menemukan kode pelacakan di Google Analytics, pertama-tama Anda perlu masuk ke akun Google Analytics Anda. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik tombol Admin di bagian atas halaman.
  2. Di bawah section Account, pilih akun yang ingin Anda temukan kode pelacakannya.
  3. Di bawah section Property, pilih website yang ingin Anda temukan kode pelacakannya.
  4. Klik tombol Tracking Info di bawah sektion Property.
  5. Klik tombol Tracking Code di bawah section Tracking Info.

Anda akan melihat kode pelacakan di bagian atas halaman, di bawah section Tracking Code. Salin kode tersebut dan tempelkan di situs WordPress Anda untuk mulai melacak data pengunjung.

Cara menambahkan kode pelacakan Google Analytics ke WordPress

Berikut adalah contoh cara menambahkan kode pelacakan Google Analytics ke WordPress menggunakan plugin Insert Headers and Footers:

  1. Install dan aktifkan plugin Insert Headers and Footers di situs WordPress Anda.
  2. Masuk ke bagian Settings > Insert Headers and Footers di dashboard WordPress Anda.
  3. Salin kode pelacakan Google Analytics yang Anda dapatkan dari akun Google Analytics Anda ke kolom Scripts in Header.
  4. Klik tombol Save untuk menyimpan perubahan.

Setelah itu, kode pelacakan akan ditambahkan ke situs WordPress Anda dan mulai melacak data pengunjung. Anda dapat mengeceknya di akun Google Analytics Anda.

Selamat mencoba yaa

Leave a Comment

%d bloggers like this: