Cara Alignment & Spacing di Affinity Designer

Apa itu Alignment & Spacing?

Alignment & Spacing adalah alat yang sangat berguna di Affinity Designer untuk mengatur jarak dan penyelarasan objek. Ini memungkinkan Anda untuk secara visual mengatur posisi dan jarak objek satu sama lain dengan mudah, sehingga membuat desain Anda terlihat rapi dan terorganisir.

Beberapa kegunaan Alignment & Spacing di Affinity Designer antara lain:

  1. Membuat desain yang teratur dan teratur: dengan menggunakan alat Alignment & Spacing, Anda dapat dengan mudah menyelaraskan objek ke tengah artboard, menyelaraskan objek ke sisi atas, bawah, kiri, atau kanan artboard, atau menyelaraskan objek ke objek lain di artboard. Ini membantu Anda membuat desain yang teratur dan teratur, sehingga terlihat lebih rapi dan profesional.
  2. Mengatur jarak antar objek: dengan menggunakan alat Alignment & Spacing, Anda dapat dengan mudah mengatur jarak antar objek. Anda dapat mengatur jarak antar objek secara manual dengan mengubah nilai pada kolom “Space”, atau menggunakan opsi “Distribute” untuk menyebar objek dengan merata di antara jarak yang ditentukan.
  3. Membuat desain yang responsif: alat Alignment & Spacing juga membantu Anda membuat desain yang responsif, yaitu desain yang dapat menyesuaikan ukuran dan posisi objek sesuai dengan ukuran layar atau media yang digunakan. Anda dapat menggunakan alat ini untuk menyelaraskan objek ke tengah artboard atau mengatur jarak antar objek secara otomatis sesuai dengan ukuran layar.

Cara menggunakan alat Alignment & Spacing

Di Affinity Designer, Anda dapat mengatur jarak dan penyelarasan objek dengan menggunakan alat Alignment & Spacing. Alat ini memungkinkan Anda untuk secara visual mengatur posisi dan jarak objek satu sama lain dengan mudah.

Untuk menggunakan alat Alignment & Spacing, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih objek yang ingin Anda atur dengan menekan Ctrl + klik pada setiap objek.
  2. Klik tombol Alignment & Spacing di toolbar atau pilih “Object > Alignment & Spacing” dari menu.
  3. Di jendela Alignment & Spacing yang muncul, pilih tab “Alignment” untuk mengatur posisi objek relatif satu sama lain, atau pilih tab “Spacing” untuk mengatur jarak objek.
  4. Di tab Alignment, Anda dapat mengatur posisi objek dengan memilih opsi penyelarasan yang diinginkan dari daftar drop-down. Misalnya, untuk menyelaraskan objek ke tengah artboard, pilih opsi “Center on Artboard” dari daftar drop-down “Vertical Alignment” dan “Horizontal Alignment”.
  5. Di tab Spacing, Anda dapat mengatur jarak antar objek dengan mengubah nilai pada kolom “Space”. Anda juga dapat memilih opsi “Distribute” untuk menyebar objek dengan merata di antara jarak yang ditentukan.

Perhatikan bahwa alat Alignment & Spacing hanya dapat digunakan pada objek yang dipilih secara bersama-sama. Jika Anda memilih objek yang terpisah, alat ini tidak akan tersedia.

untuk lebih detailnya bisa dilhat disini

Semoga ini membantu! Jika Anda memiliki pertanyaan lain, jangan ragu untuk bertanya di komen oke?

Leave a Comment

%d bloggers like this: