Apa itu add, subtrack, intersect, Xor dan Divide di Affinity Designer

Apa itu Affinty Designer ?

buat kalian yang baru saja belajar desain mungkin affinity designer adalah sesuatu yang kamu dengar, namun buat yang sudah lama belajar desain mungkin sudah ada yang tahu tentang affinity designer.

Affinity Designer adalah aplikasi desain grafis vektor yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan desain profesional. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan software Inggris, Serif, dan dirancang untuk menjadi alternatif yang lebih terjangkau daripada aplikasi desain grafis populer seperti Adobe Illustrator.

Affinity Designer menyediakan berbagai alat desain yang berguna untuk membuat ilustrasi, logo, infografis, mockup, dan banyak lagi. Aplikasi ini juga memiliki kemampuan yang kuat untuk mengimpor dan mengekspor file dengan berbagai format, seperti SVG, PDF, dan EPS.

Fitur-fitur lain yang terdapat pada Affinity Designer antara lain:

  • Penyuntingan lapisan yang fleksibel
  • Penyesuaian warna yang kuat
  • Alat desain yang tepat dan intuitif
  • Panel yang dapat disesuaikan
  • Dukungan untuk penyesuaian tepi yang terintegrasi
  • Dukungan untuk penyesuaian otomatis teks
  • Dukungan untuk pengelolaan font yang terintegrasi

Buat kamu yang ingin coba affinity designer bisa sistem operasi Windows dan macOS, dan dapat diunduh disini.

Cara add, subtrack, intersect, Xor dan Divide di Affinity Designer

Dalam Affinity Designer, Anda dapat melakukan berbagai operasi Boolean pada bentuk dan jalur. Operasi Boolean memungkinkan Anda untuk menggabungkan, mengurangi, bersinggungan, atau mengecualikan area tumpang tindih bentuk.

Untuk melakukan operasi Boolean, Anda akan membutuhkan dua atau lebih bentuk atau jalur di artboard Anda. Kemudian Anda dapat memilih bentuk atau jalur tersebut dan menggunakan perintah operasi Boolean di menu Objek atau toolbar Konteks.

Berikut adalah gambaran singkat masing-masing operasi:

  • Add: menggabungkan bentuk atau jalur yang dipilih menjadi satu bentuk atau jalur.
  • Subtract: mengurangi tumpang tindih antara bentuk atau jalur yang dipilih, menciptakan bentuk atau jalur yang merupakan perbedaan antara kedua bentuk tersebut.
  • Intersect: menciptakan bentuk atau jalur baru yang merupakan tumpang tindih antara bentuk atau jalur yang dipilih.
  • Exclude: menciptakan bentuk atau jalur baru yang merupakan area bentuk pertama yang dipilih yang tidak tumpang tindih dengan bentuk kedua yang dipilih.
  • Divide: membagi tumpang tindih antara bentuk atau jalur yang dipilih menjadi bentuk atau jalur terpisah.

Untuk mengakses perintah ini, pilih bentuk atau jalur yang ingin Anda kerjakan, kemudian pergi ke menu Objek dan pilih perintah yang sesuai dari submenu Boolean. Anda juga dapat mengakses perintah ini dari toolbar Konteks, yang terletak di bagian atas jendela dokumen.

Perhatikan bahwa operasi Boolean bekerja berbeda tergantung pada jenis objek yang Anda kerjakan. Misalnya, operasi Boolean pada lapisan raster akan menghasilkan gambar raster, sedangkan operasi Boolean pada bentuk vektor akan menghasilkan bentuk vektor.

untuk videonya bisa dilihat disini

Semoga ini membantu! Beritahu saya jika Anda memiliki pertanyaan.

Leave a Comment

%d bloggers like this: